CARA MELATIH PENDENGARAN BAYI


Setelah bayi lahir dari rahim seorang ibu, saat itulah indera pendengarannya berkembang dengan pesat. Sementara indera penglihatannya baru berfungsi setelah beberapa hari, bahkan butuh beberapa bulan indera penglihatan seorang bayi semakin baik dan sempurna.

Indera pendengaran bayi sebenarnya sudah berfungsi sejak ia masih berada di dalam kandungan. Begitu lahir di dunia, ia langsung beradaptasi dengan lingkungan sekitar, termasuk mengenal suara ibunya (Dalam islam, bayi pertama kali akan mengenal suara adzan ayahnya). 

Karena masih proses adaptasi, indera pendengaran bayi begitu sensitif, contohnya seperti kaget mendengar pintu yang ditutup keras, ia akan berkedip jika seseorang bertepuk di dekatnya, mudah terbangun jika mendengar suara-suara yang dianggapnya aneh. 


cara-melatih-pendengaran-bayi


Pada awalnya semua itu terasa mengganggunya, terlihat dari ia kerap menangis, tetapi perlahan si bayi akan mengenal dan fokus hanya terhadap perkataan saja, bahkan cenderung untuk meniru suara yang didengarnya dengan mengoceh. Saat usia bayi menginjak 6 bulan, ia akan memperhatikan suara yang didengarnya dengan baik. Disana ia mulai belajar mengenal dan mempertajam daya ingatnya. Berikut ini akan kita paparkan bagaimana cara melatih pendengaran bayi.


Cara Melatih Indera Pendengaran Bayi

  1. Sejak dalam rahim (perut ibu) sekitar 5-7 bulan, indera pendengaran bayi sudah berfungsi, ada baiknya memperdengarkan bayi dengan lantunan ayat suci Al-Quran, musik klasik, suara alam dengan cara menempelkan headphone di perut sang ibu.
    cara-melatih-pendengaran-bayi-sejak-di-kandungan
  2. Setelah lahir, cara paling mudah dalam merangsang indera pendengaran bayi adalah dengan sering mengajaknya berbicara. Menyanyikan kata tiap kata dengan intonasi yang berbeda dan halus, hal ini membentuk logat bicara bayi ke depannya. 
  3. Panggil sesering mungkin namanya dan sebutan mama/ibu untuk anda yang mana hal ini akan mempercepat bayi dalam mengasah otak kirinya.
  4. Bunyikan suara lonceng kecil untuk merangsangnya mencari sumber bunyi, fokus, dan koordinasi panca indera bayi.
  5. Saat tidur adalah saat dimana pertumbuhan fungsi tubuh maksimal. Indera pendengaran bayi berhubungan langsung dengan pertumbuhan otaknya. Oleh karena itu, rangsang pertumbuhannya dengan lantunan musik klasik, suara alam, air mengalir, dan bagi yang muslim bisa dengan memperdengarkan lantunan ayat suci Al-Quran. 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA MELATIH PENDENGARAN BAYI"

Posting Komentar