CARA EFEKTIF MENGATASI MUAL SAAT HAMIL MUDA

Saat awal kehamilan sebagian besar ibu akan mengalami mual, bahkan tak jarang sampai muntah. Meskipun gejala ini sering terjadi bagi ibu yang sedang hamil, namun tetap saja menjadi sumber kecemasan dan menambah suasana menjadi tegang.

Gejala ini disebut dengan emesis gravidarum atau yang dikenal dengan istilah morning sickness (perasaan mual dan ingin muntah). Normalnya terjadi pada trimester pertama masa kehamilan, dan berangsur menghilang dengan sendirinya setelah kehamilan melewati trimester kedua dan ketiga.


cara-efektif-mengatasi-mual-saat-hamil-muda


Berikut Ini Cara Untuk Mengatasi Mual Dan Muntah Saat Hamil Muda

Minum susu ibu hamil

Bila seorang Ibu merasakan mual, bisa dincoba dengan minum susu hamil karena cukup efektif untuk menghilangkan rasa mual dan eneg. Saat ini cukup banyak tersedia pilihan produk susu Ibu hamil yang sekaligus bisa mengurangi rasa mual. Vitamin B6 merupakan kandungan yang terdapat di susu ibu hamil yang bisa meredam rasa mual.

Istirahat Cukup Dan Hindari Stress

Ibu hamil yang mual dan muntah sangat di anjurkan untuk istirahat yang cukup. Istirahat bisa membantu pikiran dan badan ibu hamil menjadi rileks. Saat rileks itulah mual akan hilang dengan sendirinya.

Mengkonsumsi Gizi Seimbang

Untuk mengurangi rasa mual, Ibu bisa mengonsumsi makan-makanan yang tinggi karbohidrat seperti, kentang, singkong, roti, biskuit, ubi, dan lainnya. Dan jangan lupa tambahkan menu sayuran yang berkuah hangat seperti sup dan sayur bening.

Mengkonsumsi Buah Dingin

Buah yang sudah mengalami proses pendinginan memiliki kemampuan untuk menetralkan rasa mual dan muntah daripada buah yang berada dalam suhu ruang. Alasan mengapa buah dingin bisa menetralkan rasa mual dikarenakan buah yang sudah mengalami pendinginan, suhunya akan jauh menurun. Suhu buah yang rendah akan mudah diterima oleh usus dibandingkan buah yang didiamkan di suhu biasa.

Olah Raga Atau Melakukan Hal-Hal Yang Menenangkan

Melakukan olah raga ibu hamil atau hal-hal yang menenangkan bisa membuat rasa mual menjadi hilang. Kegiatan fisik tersebut akan berdampak pada badan dan pikiran jadi rileks. Saat rileks, mual tidak akan mudah datang dan menyerang. Hal-hal yang bisa menenangkan adalah yoga, meditasi, melatih pernafasan hidung dan perut, relaksasi.

Minum Jahe Hangat

Saat terasa mual, banyak pihak medis maupun non medis yang menyarankan ibu hamil untuk mengkonsumsi minuman jahe. Jahe mengandung minyak atsiri yang bermanfaat untuk mengatasi rasa mual. Zat itu membuat bau jahe khas dan terasa hangat di perut. Sebelum meminum jahe hangat, ciumlah dulu aromanya yang segar. Aroma jahe bisa membuat tubuh dan pikiran rileks.

Hindari Bau Yang Menyengat

Menghindari bau menyengat bisa menjadi salah satu cara untuk penghilang rasa mual bagi ibu hamil. Ibu hamil akan mudah mual saat mencium bau-bauan seperti bau masakan yang menusuk hidung, bensin, keringat manusia, bahan kimia, asap, dsb.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA EFEKTIF MENGATASI MUAL SAAT HAMIL MUDA"

Posting Komentar